IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA LKPD BAGI GURU SMP DI KECAMATAN SUKAMAKMUR, KABUPATEN BOGOR, JAWA BARAT
Keywords:
Media LKPD, PKM, Kurikulum MerdekaAbstract
Kurikulum Merdeka mengoptimalkan keterlibatan peserta didik secara aktif dengan menyelidiki suatu konsep dan membangun kompetensi. Para guru diberikan keleluasaan mengembangkan pembelajaran yang berkualitas serta penggunaan perangkat pembelajaran sesuai kebutuhan peserta didik. Kurikulum Merdeka menekankan beberapa karakter yang tertulis dalam visi pendidikan Indonesia, salah satunya kemandirian. Penggunaan lembar kerja peserta didik (LKPD) dalam pembelajaran dapat mendukung peserta didik menjadi aktif, mencapai tujuan belajar, serta mengeksplor pengetahuan secara mandiri. Namun, belum semua guru SMP di Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor memperoleh kesempatan mengikuti pelatihan Kurikulum Merdeka dan mampu mengembangkan LKPD. Tujuan pengabdian ini adalah membekali guru SMP di Kecamatan Sukamakmur pengetahuan dan keterampilan memanfaatkan LKPD dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Metode pelaksanaan PKM yang dilakukan mulai dari tahap persiapan, pengkajian, perencanaan alternatif kegiatan, rencana aksi, pelaksanaan, evaluasi dan terminasi. Pada kegiatan PKM tahun pertama lebih menekankan pada konsep LKPD, dengan dampak yang diharapkan guru mengetahui konsep penggunaan LKPD dan menyusun LKPD dengan model pembelajaran tertentu. Saat pelaksanaan PKM, disampaikan beberapa contoh LKPD menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL). Berdasarkan pengamatan dan evaluasi kegiatan, peserta menunjukkan sikap antusias dengan menjawab pertanyaan dari pelatih selama kegiatan berlangsung. LKPD yang dikembangkan dapat diintegrasikan dengan platform media pembelajaran seperti Quizizz yang dapat mendorong motivasi belajar peserta didik dan memberikan pengaruh positif terhadap hasil pembelajaran.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Bryan, Hanan, Murti, Mulyadi (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.